Sesi wawancara pekerjaan akan menentukan nasib Anda, diterima atau ditolak untuk pekerjaan idaman. Jangan hanya berkonsentrasi dengan hal yang harus dilakukan, Anda juga perlu tahu hal yang harus dihindari. Simak tipsnya berikut ini:
.Mengatakan “Ini adalah pekerjaan idaman saya”
Sekalipun itu benar, sebagian besar pewawancara akan berpikir itu adalah jawaban yang klise. Maka Anda sudah kehilangan poin sebagai orang yang berkarakter.Hilangkan jawaban-jawaban standar, seperti “saya berpikir kreatif” atau “saya sanggup bekerja dalam tim”. Jabarkan diri Anda dengan apa adanya, pasti akan menghasilkan jawaban yang lebih menarik.
Sekalipun itu benar, sebagian besar pewawancara akan berpikir itu adalah jawaban yang klise. Maka Anda sudah kehilangan poin sebagai orang yang berkarakter.Hilangkan jawaban-jawaban standar, seperti “saya berpikir kreatif” atau “saya sanggup bekerja dalam tim”. Jabarkan diri Anda dengan apa adanya, pasti akan menghasilkan jawaban yang lebih menarik.
2. Menjelekkan kantor atau Atasan Terdahulu
Tidak ada alasan menjelekkan perusahaan atau bos tempat Anda dulu bekerja. Walau benar-benar buruk, tetap saja yang di cap buruk adalah Anda. Cari alasan lain kenapa Anda mengundurkan diri atau mencari pekerjaan lain.
Tidak ada alasan menjelekkan perusahaan atau bos tempat Anda dulu bekerja. Walau benar-benar buruk, tetap saja yang di cap buruk adalah Anda. Cari alasan lain kenapa Anda mengundurkan diri atau mencari pekerjaan lain.
3. Menanyakan Jatah Cuti
Sesi wawancara adalah waktu yang buruk untuk menanyakan kapan Anda mendapat cuti, atau berapa lama waktu cuti. Anda bahkan belum bekerja kan?
Sesi wawancara adalah waktu yang buruk untuk menanyakan kapan Anda mendapat cuti, atau berapa lama waktu cuti. Anda bahkan belum bekerja kan?
4. Minum
Jangan minum saat wawancara. Kesan interviewer pada Anda akan menurun. Minumlah sebelum sesi wawancara.
Jangan minum saat wawancara. Kesan interviewer pada Anda akan menurun. Minumlah sebelum sesi wawancara.
5.Berpakaian Seksi
Kesan positif akan lenyap saat Anda berpakaian minim. Gunakan pakaian yang sopan dan rapi.
Kesan positif akan lenyap saat Anda berpakaian minim. Gunakan pakaian yang sopan dan rapi.
6.Membicarakan Gaji
Tidak dapat dipungkiri, gaji adalah faktor yang menentukan saat Anda melamar pekerjaan, namun jangan tanyakan hal ini saat sesi wawancara. Kecuali interviewer bertanya lebih dulu.
Tidak dapat dipungkiri, gaji adalah faktor yang menentukan saat Anda melamar pekerjaan, namun jangan tanyakan hal ini saat sesi wawancara. Kecuali interviewer bertanya lebih dulu.
7. Komunikasi Terlalu Santai
Menjalin komunikasi yang santai dengan interviewer sangat berguna, tapi tidak berarti Anda menjadi terlalu santai. Memperlakukan interviewer seperti teman sangat tidak dianjurkan.
Menjalin komunikasi yang santai dengan interviewer sangat berguna, tapi tidak berarti Anda menjadi terlalu santai. Memperlakukan interviewer seperti teman sangat tidak dianjurkan.
8. Memakai Jeans
Walau celana jeans diperbolehkan di kantor tersebut, penampilan formal akan memberi kesan pertama yang positif.
Walau celana jeans diperbolehkan di kantor tersebut, penampilan formal akan memberi kesan pertama yang positif.
9. Tidak Mematikan Ponsel
Saat wawancara ponsel berbunyi? Lupakan saja pekerjaan tersebut.
Saat wawancara ponsel berbunyi? Lupakan saja pekerjaan tersebut.
10.Terlambat
Bagaimana Anda membangun citra positif saat Anda terlambat? Tidak peduli alasan macet, mobil mogok, terlambat adalah alasan besar untuk tidak menerima Anda
Bagaimana Anda membangun citra positif saat Anda terlambat? Tidak peduli alasan macet, mobil mogok, terlambat adalah alasan besar untuk tidak menerima Anda
0 comments:
Post a Comment